MOS SMP (Part 2)

Sesampainya di rumah gue langsung makan,mandi, dan shalat.Habis itu gue langsung membuat perlengkapan-perlengkapan yang bisa gue buat dengan bahan-bahan yang ada di rumah gue.  Sempat frustasi sih gue gara-gara sudah larut malam tapi perlengkapan MOS yang gue buat masih belum selesai, padahal masih banyak yang yang belum gue buat karena bahan-bahannya gak ada di rumah gue dan gue mesti nyari bahan-bahanya itu di sweet market parakan.

( sweet market adalah nama  pasar yang sangat ramai di kota parakan, karena saking ramainya suatu hari ada tourist asing yang berkunjung ke pasar itu. Dia merasa Amazing karena di lantai pasar itu banyak gula jadi dia memberi gelar pada pasar itu sweet market. Padahal sebenarnya lantai pasar itu banyak gula karena ada yang membawa gula pake karung bolong dan tidak tahu-menahu kalau gulanya pada terjun bebas dari karungnya)hehe sedikit geguyonan yang garing,kering, dan gak laku.

Hari minggu pun datang dengan segala rintangan dan cobaan yang siap menghadang. Tepat pukul 08.00 wib gue berangkat ke Sweet Market dengan naik mobil bandosa. ( jadi mobil bandosa adalah mobil angkutan umum bagi kami-kami yang tinggal di pucuk gunung). Karena bentuknya yang seperti bandosa atau kereta jawa ,maka gue dan temen-temen seperjuangan gue sepakat untuk memberi gelar kepada angkutan umum tersebut mobil bandosa). Tiba di pasar gue langsung bergegas melancarkan perburuan gue untuk mendapatkan bahan-bahan dan perlengkapan untuk MOS. Pencarian gue di awali dengan mencari aneka kacang-kacangan dan rempah-rempah seperti kacang panjang,senerek,kacang merah, kacang hijau,kacang putih,kacang coklat,lengkuas,jahe,kunir,temu lawak, jagung, kentang, dan masih banyak lagi.

Lebih dari 3 jam gue mondar-mandir di dalam Sweet Market untuk menemukan  bahan-bahan itu. Tapi gue hanya berhasil mendapatkan 2/3 dari bahan-bahan yang gue cari tadi. Kemudian gue lanjutkan perburuan gue untuk mencari kertas apa itu yang tebal gue lupa namanya, kertas marmar, tali sepatu warna hitam dan putih, bando warna merah, karung tepung terigu, tali pramuka, dan jeruk yang berukuran 5 ½ cm. Sumpah hampir patah kaki gue berkeliling  di Sweet market, kota parakan dan sekitarnya untuk memperoleh itu semua. Tepat pukul 13.17 WIB gue sampe di rumah. Sampai di rumahpun tak ada kata untuk istirahat, gue di temani oleh nenek gue tergueng pergi ke warung-warung dekat rumah gue untuk mencari bahan-bahan yang belum berhasil gue dapatkan waktu di sweet market tadi. Gue sama nenek gue juga pergi ke rumah tetangga sebelah yang punya pohon salak untuk meminta daun salaknya dan kalau boleh sama salaknya sekalian buat bonus. Setelah gue berhasil mengumpulkan semua bahan yang di butuhkan, kegiatan gue di lanjutkan dengan membuat perlengkapan-perlengkapan MOS dari bahan-bahan tersebut. Gue memutuskan untuk membuat rok dari daun salak terlebih dahulu, kurang lebih selama 1 jam gue mencuci dan menyeruti duri pada daun salak tersebut dan selama 1 jam pula waktu yang gue butuhkan untuk merancang busana rok dari daun salak tersebut, sehingga totalnya 2 jam hanya untuk membuat rok saja.

Karena gue begitu menghayati mendesain dan memberikan sentuhan-sentuhan seni tingkat tinggi gue pada rok yang gue buat tersebut, jadi hasilnya tidak lain dan tidak bukan tidak ada bedanya dengan apa yang dicontohkan kakak-kakak osis pada sa’at pra MOS.

Kemudian gue lanjutkan dengan membuat aneka pernak-pernik gelang tangan,gelang kaki,sampai kalung leher dari kacang-kacangan dan rempah-rempah. Tepat pukul 23.00 wib gue berhasil membuat semua perlengkapan-perlengkapan dan bahan-bahan yang harus di bawa sa’at MOS dengan dibantu oleh ibu tercinta dan nenek tergueng. Alhamdulillah ya sesuatu banget…         (ala syahroni)… sehingga semua bisa terselesaikan.

Bersambung …  (tunggu cerita selanjutnya J )

Tinggalkan Balasan

